Selasa, 07 Mei 2013

Semangat wiramuda

Semarang, KoleksiNekami :: Wirapreuneur, Kemelut hidup dan berbagai permasalahan yang dihadapi manusia menjadi sebuah pemicu munculnya berbagai problematika dan solusinya. Lalu bagaimana dengan jenis penyelesaian serta implikasi dari munculnya opsi solusi yang sebenarnya sudah ditawarkan?
Berangkat dari sebuah konteks wiramuda, seringkali kita dihadapkan pada pengkotak-kotakan jenis profesi dan perilaku yang mencirikan apa yang masing-masing pelakunya lakukan. Nah, Sobat Nekami yang super ... (pinjem bahasanya master mario -edit) berikut ini barusan NekamiFounder mendapat ide dari sebuah blog yang mungkin bisa ikut meramaikan dan bisa membuka wacana, apa sih itu jenis profesi dan aksinya? yuk mari kita cek satu per satu siapakah dia?
Intrapreneur
Status karyawan, bekerja pada orang lain (meiliki atasan) tapi yang di cari adalah kebebasan dan akses terhadap resources dan memiliki jiwa kewirausahaan.

Entrepreneur
Tidak bekerja pada orang lain (usaha mandiri), memiliki kekemerdekaan mengatur hidup, arah usaha dan mengambil keputusan strategis. Bisa menjalankannya sendiri bisa juga dengan bantun professional, menanggung resiko tetapi juga menikmati keuntungan usaha setelah membayar gaji karyawan dan kewajiban-kewajiban lainnya.

Social Entrepreneur
Pelaku kegiatan social yang berwatak entrepreneur, mandiri dalam mengelola kegiatan social dan tidak bergantung dari sumbangan orang lain.

Karyawan
Bekerja pada orang lain dan bila berhasil dapat mencapai karier sebagai professional eksekutif dengan peran sebagai pengambil keputusan (blogerahman)

Lalu, setelah tahu apa yang ada dari berbagai pengkotak-kotakan jenis profesi dan perilaku pelakunya ... kira-kira kita sudah tahu dimanakah posisi kita? tentu anda yang lebih bisa menjawabnya, selamat mencoba menganalisa dan semoga anda lebih faham siapa diri kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar